Senin, 23 Januari 2017


Palak Pedagang di Pasar, KNPB Wamena kumpulkan dana untuk Pertemuan Markas Victoria


Simpatisan KNPB Wamena melakukan aksi penggalangan dana dengan meminta-minta kepada pedagang masyarakat asli Papua di Pasar Misi Wouma. Kegiatan penggalangan dana tersebut diprediksi untuk memenuhi kebutuhan untuk Pertemuan di Markas Victoria PNG tanggal 27 Januari mendatang.

Wamena-Senin (23/1) telah didapatkan informasi mengenai kegiatan simpatisan KNPB Wamena di Pasar Misi Wouma dari pedagang yang berjualan di Pasar tersebut. Menurut keterangan yang tealh diberitahukan oleh sakah satu pedagang di Pasar Misi Wouma, sudah sejak hari minggu (22/1) kemarin banyak simpatisan KNPB Wamena yang datang ke Pasar Misi Wouma.

“Dorang su dari minggu kemarin sering datang ke sini, dorang minta uang ke pedagang di sini, dorang bilang akan datang lagi lusa kalo belum sanggup kasih sekarang” Yohanes, salah satu pedagang di Pasar Misi Wouma angkat bicara.
Pasar Misi Wouma Wamena
Menurut penuturan dari Yohanes, Simpatisan KNPB Wamena itu mendatangi semua pedagang asli Papua yang berdagang di Pasar Misi Wouma. Mereka meminta uang sumbangan untuk kegiatan KNPB pada pertemuan di Markas Victoria PNG tanggal 27 Januari yang akan datang. Apabila pedagang tersebut belum bisa memberikan sumbangan saat itu, mereka akan kembali lagi 3 sampai 5 hari kemudian. Dan apabila saat mereka kembali si pedagang belum bisa memberikan sumbangan, mereka mengancam akan merusak dagangan karena dicap sebagai penghianat.

“Dorang ancam tong kalo tong tra bisa kasih sumbangan, berarti tong adalah penghianat, tong tidak dukung Papua Merdeka. Dorang bakal bikin tong pu dagangan rusak” jelas Yohanes.

Selain meminta uang sumbangan, sekelompok orang simpatisan KNPB tersebut terlihat melakukan kegiatan belanja dalam jumlah banyak. Hal itu sangat jelas terlihat, karena orang-orang yang meminta sumbangan dan belanja tersebut menggunakan atribut KNPB (baju atau celana KNPB) dan selalu menyampaikan bahwa mereka dari KNPB. Dari kegiatan yang mereka lakukan, jelas mereka sedang bersiap-siap untuk melaksanakan kegiatan yang besar sehingga membutuhkan banyak uang dan bahan makanan.

Sungguh tidak terpuji apa yang dilakukan KNPB Wamena tersebut, demi kepentingan kelompok mereka sendiri, mereka tega memeras saudaranya sendiri. Para pedagang Pasar Misi Mouwa telah bekerja dan berusaha berdagang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, tapi KNPB dengan enak nya memeras dan mengancam merusak barang dagangannya.


Tidak ada komentar: